Representasi Kapasitas Hardisk Drive (HDD) & Memori















    Tahukah anda bahwa kapasitas perangkat penyimpanan baik harddisk, flashdisk, dan sebagainya dari pabrikan dihitung dengan asumsi 1 KB (Kilobytes) = 1.000 bytes ? Hal ini menyebabkan banyak orang menjadi bingung dan berasumsi bahwa pabrikan menipu dengan menuliskan bahwa kapasitas harddisk adalah 80 GB (Gygabytes) dan setelah dilihat dari OS Windows ternyata hanya 74,5 GB. Ini adalah asumsi yang salah dari para pengguna. Karena system operasi windows menghitung kapasitas perangkat penyimpanan dengan asumsi bahwa 1 KB = 1.024 Bytes.
    Oleh karena itu representase kapasitas perangkat penyimpanan seperti harddisk, flashdisk, dan sebagainya lebih kecil dari kapasitas sebenarnya karena adanya perbedaan dalam menghiung kapasitas. Misalnya untuk Hardisk Fujitsu 80 GB seperti yang saya miliki, Windows memperesentasikan kapasitasnya sebagai 74.5 GB dengan perhitungan 80 x 1.000 x 1.000 x 1.000 byte / 1.024 x 1.024 x 1.024 byte = 74.505 GB. Selain itu representase kapasitas pada Windows mungkin lebih kecil lagi karena beberapa program seperti Recover Solution (System Volume Information) mungkin disimpan di area tersembunyi pada harddisk.
    Jadi jangan sampai anda mengira bahwa pabrikan perangkat penyimpanan seperti Harddisk, Flashdisk, dan sebagainya menipu anda dari sisi kapasitas karena sebenarnya OS Windows sajalah yang salah menghitung dengan asumsi tentang kapasitas seperti yang saya jelaskan diatas. Hal ini juga berlaku untuk representase kapasitas memori, karena kapsitas memori yang dilaporkan pada windows lebih kecil dari kapasitas memory sebenarnya. Ini disebabkan karena BIOS atau Adaptor Video menggunakan atau mengklaim sebagian memori untuk digunakan. Mislanya untuk memori 1 GB = 1.024 yang terpasang, Windows mungkin melaporkannya sebagai 1.022 MB atau kurang daripada itu. Hal ini saya pelajari dari buku panduan Netbook Samsung milik teman saya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

Blog Archive

Total Pageviews