Calibre GTX 460



















    Banyak kalangan bertanya-tanya produk terbaru apa yang akan dirilis oleh Calibre. Calibre merupakan produsen graphics card seri overclock dari Sparkle.  Produk dari Calibre banyak diminati karena performanya yang tidak diragukan lagi dengan pre-overclock card-nya. Setelah lama tidak terdengar di Indonesia, kini Calibre kembali hadir dengan GPU teranyar Nvidia, yakni GF104 atau yang di sebut GTX 460.
    Kali ini Calibre datang dengan kemasan minimalis berwarna hitam. Hal ini mungkin dipilih untuk memangkas biaya produksi sehingga dapat bersaing di pasaran. Anda akan mendapatkan kartu garansi, konektor power, buku panduan, dan kabel HDMI to mini HDMI di dalam kemasan penjualannya.
    Calibre GTX 460 memiliki dimensi yang besar dengan board PCB berwarna biru. Berlabel “OC” pada kemasannya, card ini ternyata memiliki spesifikasi di atas card reference. Calibre GTX 460 memiliki core clock 825 MHz, memory clock 1000 MHz, dan performa yang tinggi dengan kapasitas memori sebesar 1024 MB DDR5. Tidak hanya garang pada spesifikasinya saja, card ini juga memiliki penampilan fisik yang gagah.


















    Calibre melindungi card ini dengan balutan HSF dari Arctic Cooling yang dinamakan Accelero Twin Turbo Pro. HSF ini terdiri dari heatsink berbahan alumunium yang menutupi hampir seluruh permukaan board. Untuk pembuangan panas, ada dua buah kipas dengan berdimensi lumayan lebar. Sebagai penyalur panas dari GPU menuju kipas, terdapat empat buah heatpipe yang terbuat dari tembaga. Card ini menghasilkan suhu idle 29°c. Suhu ini akan meningkat ketika digunakan untuk beban kerja yang tinggi yang membutuhkan penggunaan GPU hingga 100%. Anda tidak perlu khawatir, dengan HSF yang dimilikinya. Suhu full load dapat ditekan pada kisaran 53°c. HSF ini juga bekerja dengan hening sehingga tidak mengganggu saat aktif digunakan.
    Untuk mengetahui performanya, CHIP melakukan uji benchmark sintetis dengan 3DMark Vantage. Pada konfigurasi default, skor yang dihasilkan begitu tinggi, 15.127. Skor ini terlihat sangat mencolok perbedaannya dengan skor pada card reference yang berkisar di angka 12.000. Gaming test yang dilakukan juga membuktikan bahwa card ini layak untuk memainkan game terkini dengan resolusi tinggi sekalipun.
    Sama seperti GTX 460 lainnya, dibutuhkan dua buah power 6-pin sebagai suplai daya. Card ini juga menyediakan interface dual DVI dan sebuah mini HDMI.






Blog Archive

Total Pageviews