Sejarah Water Effects Pada Game

    Air menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah game. Mulai dari game yang paling sederhana, sampai game rumit, kemungkinan besar selalu ada air nya. Air, sejak dulu adalah salah satu dari yang paling rumit dan hampir tidak mungkin ditiru, dalam lingkungan game. Ini karena sifatnya yang selalu menyesuaikan keadaan sekitar dan relatif. Well, ini adalah sejarah dari diciptakannya air dalam game. Disini kamu akan melihat banyak air. Jadi bagi yang tidak bisa berenang, awas jangan dekat dekat...
    Penggunaan water effect sejak jaman dulu sudah menjadi sebagian dari harapan para gamer. Dapat merasakan apa yang karakter lakukan dan menjadi seolah olah basah bersama dengan game yang dimainkan, sungguh menyenangkan. Harapan ini semakin nyata dengan kemajuan teknologi yang mencengangkan. Semakin hari, realisme dari air semakin di perkuat. Pada game game dahulu, pada saat angkatan kita, merasakan teknoloi air pertama kali, kita seolah olah ikut hanyut dan terlarut didalam air yang ada. Semakin modern engine yang mendukung, seharusnya semakin mendukung rasa dan kesan yang dialami oleh para pemainnya.

    Sayangnya tidak semua game seperti itu. Game game modern dengan engine dan kualitas grafis yang lebih baik, malah tidak didukung dengan aura dan hal spesifik yang dapat meningkatkan pengalaman dalam merasakan air virtual. Bioshock, game yang jelas cartoonish, memiliki air yang indah dan bagus, larut dan hidup dalam permainan, seolah kita bisa menyentuhnya. Sementara itu kerealistisan Crysis malah tidak di dukung dengan air yang bagus. Airnya terlihat biasa saja, datar dan tanpa nyawa. Tidak semua teknologi dengan realisme yang gila gilaan, dapat menjamin membawa pengalaman gaming ke level yang baru. Dibawah ini adalah beberapa game dengan water effect terbaik pada masa nya yang fokus teknologi air nya cukup sesuai dengan apa yang ingin dirasakan baik oleh developer maupun pemainnya.

    Treasure Island Dizzy (1987 / C64 )
    Dizzy sempat menjadi raja pada masanya, dengan gambar statis dan grafis yang keren (pada masa nya), Dizzy memiliki efek air sepanjang 2 frame yang luar biasa bagus ( pada masanya ).















    California Games (1987, C64 )
    Bayangkan pada tahun itu kamu surfing di California. Airnya keren banget. Sangat kartun dan pixelated. Ombaknya dibuat dari beberapa pixel gambar yang di looping, dan buih buihnya juga mendapat perlakuan yang sama. Benar benar keren! Ditambah lagi kalau kamu surfing terlalu jauh, kamu bisa dimakan ikan hiu! Bener bener mirip aslinya.














    Micro Machines (1991, NES )
    Micro Machines, bercerita tentang balapan mesin mesin kecil, di bathub. Lihat betapa bubble nya terlihat hidup dan well, pixelated. Ada bebek plastik dan bahkan vortex yang terjadi karena air nya dibuang adalah salah satu diantara semua hambatan yang ada. Sayangnya masih belum ada ombak atau refleksi yang terdapat di airnya. Yang jelas, airnya benar benar bening! eh.. biru.













    Sonic The Hedgehog (1991 - Master
    System )
    Indeed best 16-bit water effects! Sonic benar benar memaksimalkan seluruh kekuatan darihardware untuk merender air di masa itu. Sebenarnya Sega Master System tidak bisa merender air sama sekali. What's the different ? Itu khan cuma another pixel.. tapi serius, Sega nggak bisa melakukannya. Kadang mereka perlu tambahan hardware khusus untuk merender air! Sangat disayangkan bagi kamu yang tidak pernah merasakan membeli hardware tambahan untuk tambahan beberapa looping pixel yang menggambarkan air ini. Airnya keren!














    Tomb Raider ( Saturn - Xbox360 )
    Tomb Raider merubah cara pandang dunia terhadap air. Jika sebelumnya warna biru sudah menggambarkan ganas nya ombak dan lautan, Tomb Raider satu menggunakan warna PUTIH dan HITAM instead of blue. Yang kami tau pada awalnya adalah, Lara sedang berusaha memancing di air keruh. Atau itu memang kopi dengan krim. Sayangnya kopinya tidak lagi digunakan pada TR3, dan mereka lebih mengedepankan efek air yang realistis. Nggak menarik memang. Tunggu sampai baju Lara basah baru deh. Slurp.














    Soul Blade (1996, PSone)
    Soul Blade ( atau lebih dikenal dengan Soul Edge, dan lebih dikenal lagi dengan soul Calibur, tergantung kamu beli dimana ) Tidak hanya menawarkan background full 3D ( yang memaksa konsol saat itu untuk bertekuk lutut ) juga salah satu stage keren yang ada diatas rakit. Musuh bisa kamu dorong, kamu tendang, sabet atau banting langsung masuk ke air dibawahnya. Kereeen.














    Wave Race 64 (1997 N64)
    Ini adalah game yang paling berhasil menciptakan air di masa nya. Bukan hanya sekedar untuk dilihat, aspek utama dari game ini adalah mengendalikan diri diatas air! Perlombaan jetski di air dangkal benar benar menggoda! Sayang game keren ini punya masalah utama. Konsol N64 tidak sanggup menggambarkan air dengan baik dan konsekwensinya, frame rate drop dimanapun kamu melihat air. OK, jadi lomba jet ski terlambat memang cukup menarik.














    Ecco: Defender of the Future (2000, Dreamcast/PS2)

    Ecco menawarkan perubahan air yang luar biasa keren. Dari air yang biasanya hanya bisa dilihat secara sekilas, sekarang seluruh layar bahkan dihiasi oleh air! Airnya cukup indah, terutama pada teknologi nya dimana sudah mengenal pantulan cahaya, refraksi dan sedikit organisme kecil yang berenang renang di laut dalam. Seperti nonton film di Discovery Channel, mahluk mahluk bawah laut selalu berwarna warni. Padahal kita semua tau di dalam sana tidak ada cahaya.














    Splashdown (2001, PS2/Xbox)
    Lupakan BioShock. Ada yang sudah dulu merevolusi air yang lebih nyata jauh sebelum Bioshock ada. Ini adalah game PS2 yang benar benar menampilkan air bergerak, penuh riak dan hidup. Game nya sendiri luar biasa tolol, dan penuh iklan. Oh ya, jangan lupakan selain ada airnya, kamu juga bisa melihat dua model cakep dengan baju renang yang di sertakan (dan bisa kamu ajak main basah basahan).














    Lair (2007, PS3)
    Game keren. Dilihat air nya juga sangat mencerminkan betapa kerennya. Dari jauh, terlihat keren dan bagus, begitu dilihat dari dekat dan dimainkan, jadi ancur dan polygonnya sangat terlihat. Ya pokoknya khan ini game class AAA dari PS3.














    BioShock (2007, Xbox 360/PC)

    Water effects di Bioshock memang bagus. Bahkan terasa sedikit basah celanamu waktu kamu melewati airnya (atau karena splicernya ?). Splashnya cukup "basi" pada directx 9 tapi yang jelas ini benar benar improvement dari FPS. FPS biasanya yang airnya bahkan jauh lebih datar.















    Uncharted: Drake's Fortune (2007,
    PS3)
    Air disini benar benar hidup. Dalam artian, jika Drake kecemplung di air, pada saat keluar dari air, airnya akan mengalir melalui sela sela setiap sendinya, dan airnya akan bertahan di pakaiannya selama beberapa menit, sampai kemudian airnya akan kering sendiri. Bahkan, bekas air ini dapat dilihat oleh AI musuh dan mereka dapat mengetahui jika Drake sedang bersembunyi disana. Seharusnya unsur air dalam setiap game bukan sebagai alat cuci mata saja ( walaupun cuci mata memang pakai air sih ). Mustinya setiap game itu seperti ini.














    Sumber : Magazine GMZ 2008
















Blog Archive

Total Pageviews