Sapphire HD 6790 1GB Review














    Dalam industri VGA, menjadi yang ketiga adalah opsi yang kurang menarik daripada kakak kedua atau kakak pertama. Hal itu bisa kita amati dengan jelas pada lini VGA sebelumnya seperti HD5830, HD4830 dan GTX465.

    Namun demikian, AMD dengan kartu Radeon baru kali ini mencoba mengemas si bungsu ke-tiga ini dengan lebih atraktif. Yang kami test kali ini adalah Sapphire HD 6790 1GB GDDR5. Produk ini secara global di awal kami jelaskan disetting AMD dan Sapphire demikian:
    • Memberikan supply power 150W lewat 2x6 power pin untuk Overclock headroom
    • Efisiensi hemat daya saat berjalan default clock
    • Diposisikan di kelas mainstream level 150 – 170$

















    HD6790 menggunakan chipset “Bart LE”, yakni turunan dari Bart kelas HD6870 yang terdisable dari 14 SMID menjadi 10 SMID. Setiap 1 SIMD tersebut terdiri dari 80 Stream Processor dan 4 TMU (Texture Unit). Dan ini menjadikan HD 6790 dengan Bart LE memiliki 800 Stream Processor dan 40 TMU. Unit ROP juga dipangkas dari Bart 32 unit, menjadi 16 unit di Bart LE. Dari table perbandingan spesifikasi di bawah ini terlihat bahwa si “Bart LE” diposisikan searstektur dengan HD 5770, namun dengan efisiensi arsitektur ala Bart maka HD6790 ini bisa jadi pengganti HD 5770 yang lebih baik.















    Sapphire HD 6790
    Bundle terdiri dari:
    - 2x6 pin power chord converter
    - DVI to D-Sub Analog VGA Converter
























    Desain Sapphire 6790 ini adalah 100% non-reference board dan custom cooling.


















    Koneksi output adalah standar Radeon HD, yakni lengkap 2 DVI, 1 DP dan 1 HDMI.























    Walaupun membutuhkan 2x6 pin power, tapi kami sebut itu adalah sarana atau fasilitas agar PSU mampu memberikan suplay daya yang cukup untuk overclocking si HD 6790. Adapaun apabila berjalan pada kondisi default, konsumsi daya VGA ini amat rendah seperti beberapa pranara luar (referensi) site di bawah ini














    Desain custom cooling dari Sapphire adalah pure copper base dengan desain heat sink menyebar fokus ke samping, 3 heat pipe diameter 6mm dan system fan flow tepat pada center.


















    Kombinasi digital PWM dan analog choke untuk memastikan desain overclock berjalan baik. Anda bisa menggunakan Sapphire Trixx yang bisa diunduh pada website Sapphire, namun perlu register Serial Number product sebagai keanggotaan Sapphire Select Club.
















    Memory GDDR5 menggunakan Hynix.






















Total Pageviews