DICE Mengungkap Battlefield 3 Tak Mendukung XP dan DX9


















    Johan Andersson sebagai Rendering Architect di DICE lewat presentasinya di Game Developer Conference 2011 kemarin mengungkapkan bahwa render path atau API yang akan digunakan Battlefield 3 adalah pure DX11 API yang masih bisa backward ke DX10. Namun, tidak ke DX9.

    Apabila Crytek semakin bersahabat dengan Cry Engine 3 dan Crysis 2 mereka, tak begitu sepertinya dengan DICE yang memiliki visi total image quality di Battlefield 3 nanti lewat engine Forsbite 2. DICE sendiri memiliki beberapa alasan untuk tidak ada backward ke DX9 di antaranya diungkap lewat Johan Anderson dengan menatap behaviour hardware PC masa kini antara lain:
    • Performa CPU
    • Performa GPU dan kualitas grafik
    • Kemudahan memprogram dengan melepaskan faktor backward hardware lama
    • future proof
















    Jika saja "roadmap" dan rencana DICE memang demikian berarti ini merupakan game PC ke dua yang tak mendukung DX9 setelah Just Cause 2. Selain juga akan memperkenalkan FXAA sebagai shader AA revolusioner untuk deferred shading, DICE sendiri men-highlight fitur render grafis di engine mereka akan menonjol dengan beberapa kekuatan seperti:
    Feature:
    ›Deferred Shading
    ›Compute Shader Tile-Based Lighting
    ›Terrain Displacement Mapping
    ›Direct Stereo 3D rendering

    Quality:
    ›Antialiasing: MSAA
    ›Antialiasing: FXAA
    ›Antialiasing: SRAA
    ›Transparency Supersampling

    Performance:
    ›Instancing
    ›Parallel dispatch
    ›Multi-GPU
    ›Resource Streaming














Total Pageviews