CRYSIS

    Mungkin diantara teman2 ada yang pernah mainin farcry? Itu loh game keluaran tahun 2004 (kalo ga salah) yang setting permainannya di pulau nan indah, dihiasi dengan hutan2 yang lebat! Inget kan? Nah kali ini Crytek sang pengembang game, mencoba untuk membuat another game yang settingnya ga jauh2 amat dengan game yang terdahulu. In da jungle...



















    Crysis adalah game yang bertemakan invasi alien. Ceritanya nih pada tahun 2020 sebuah tim arkeolog yang sedang berada di pulau pasifik ditangkap oleh para militan Korea Utara. Tugasmu sebagai bagian dari US Special Forces adalah menyelamatkan para ilmuwan yang tertangkap. Namun ketika keadaan semakin memanas munculah koloni alien yang tiba2 saja datang dan membuat keadaan semakin buyar (n semakin seru tentunya).














    Nah, di awal permainan, terdapat adegan dimana sang jagoan didrop dari sebuah pesawat dan melakukan terjun payung bersama rekan2 lainnya. Ketika terjun terlihat pulau yang sangat besar, dengan detail yang sangat tinggi hingga memuat mata terpana melihatnya (wow…). Emang bener yang dijanjikan crytek, grafis disuguhkan dengan sangat sempurna berkat cryngine2. Setelah mendarat terlihat suasana hutan yang sangat nyata. Pepohonan yang tumbuh tak beraturan ditambah suara khas ala hutan membuat pengalaman bermain semakin nyata. Kalo diperhatikan jarang sekali terlihat pepohonan yang berbentuk sama loh (tidak seperti farcry yg kesannya diulang2).
    Lingkungannya juga sangat luas. Kita dapat bereksplorasi kemanapun kita mau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena kita dapat menerapkan fighting style yang beragam dalam melawan musuh. Entah mau menyerang dari depan ataupun belakang pertahanan musuh, terserah kita. Bagi yang suka stealth ala splinter cell mungkin dapat mencoba mengendap-endap dibalik pepohonan kemudian menyerang secara sembunyi2. Atau bagi yang suka membabi buta seperti serious sam mungkin bisa langsung terjun ke sarang musuh tapa kompromi lagi. Asik kan?















    Oh ya jagoan yang kita mainkan dilengkapi pula dengan nanosuit (paan tu?). Nanosuit memungkinkan penggunanya untuk menghilang mirip kaya predator (what?). Yup, that’s right, terbayang kan kalo kita menghilang, dengan seenaknya kita bisa kesana kemari menebas musuh tanpa ampun without being notice by them (cool…). Penggunaan nanosuit ini juga memberikan tambahan kecepatan dan kekuatan pada sang pemakai sehingga kita dapat berlari secepat kilat dan melompat dengan tinggi. Bayangkan saja apa yang dapat kita lakukan dengan semua fitur ini. Perlawanan terhadap musuh dapat menjadi lebih seru dan mengasikkan tentunya
    Senjata yang dapat digunakan juga sangat beragam. Terdapat kustomisasi pada senjata2 sehingga kita bebas memasang perlengkapan2 pada senjata yang kita miliki. Entah mau pasang silencer, scope, ato grenate launcher, semua bisa. Efek ledakan juga sangat realistis dan memukau begitu juga dengan desingan tembakan peluru yg realisits sehingga seolah2 sedang memegang senjata beneran. Interaksi lingkungan juga lumayan nyata. Sebuah pohon yang kita berondong lama kelamaan dapat tumbang. Peluru yang melesat mengenai tembok mengasilkan ukiran indah nan nyata.















    AI pada game juga patut diperhitungkan. Mereka dapat memanfatkan semua objek sebagai perlindungan. Granat yang mereka lempar juga tepat mengenai sasaran tetapi kita dapat pula mengambil granat tersebut dan melempar balik. Musuh alien merupakan ancaman utama selain para north korean. Kemampuan alien untuk mengubah cuaca adalah hal yg menarik. Bayangkan saja, pulau tropikal yg indah dengan sekejap berubah menjadi beku atau kehadiran angin tornado yang memporak-porandakan lingkungan sekitar.
    Selain mode single player, terdapat pula mode instant action dan multiplayer. Paling menarik ialah pada mode multiplayer, dimana disajikan permainan yang mengadopsi gamestyle ala battlefield mix it up with counter strike. Yup, dalam mode ini kita dapat bermain pada peta yang sangat luas dan secara basik permainan berlangsung seperti battlefield. Jika sebuah bunker dapat dikuasai maka kita dapat spawn dari bunker tersebut. Bila sebuah factory kita kuasai maka senjata, kendaraan, dan perlengkapan lainnya dapat kita beli dengan poin yang didapat dari membunuh para musuh. Seru bukan?













    Crysis adalah perpaduan dari kualitas grafis, gameplay ditambah sound yang memukau dan menakjubkan. Belum lagi lingkungan yang luas dan interaktif membuat kesan bermain game semakin nyata. Tampaknya crytek telah berhasil membuat game FPS yang inovatif dengan gameplay dan kualitas grafis yang real tanpa tandingan (hingga saat ini… heehe). Sayangnya guys, dibutukan “alienware” untuk menjalankan game ini dengan lancar (hiks2,). Berikut adalah system requirementsnya:
    Minimum Requirements:
    CPU: Intel Pentium 4 2.8 GHz (3.2 GHz for Vista), Intel Core 2.0 GHz (2.2 GHz for Vista), AMD Athlon 2800+ (3200+ for Vista) or better
    RAM: 1GB (1.5GB on Windows Vista)
    Video Card: NVIDIA GeForce 6800 GT, ATI Radeon 9800 Pro (Radeon X800 Pro for Vista) or better
    VRAM: 256MB of Graphics Memory
    Storage: 12GB
    Sound Card: DirectX 9.0c Compatible
    ODD: DVD-ROM
    OS: Microsoft Windows XP or Vista
    DirectX: DX9.0c or DX10
    Recommended Requirements:
    CPU: Core 2 Duo/Athlon X2 or better
    RAM: 1.5GB
    Video Card: NVIDIA 7800 Series, ATI Radeon 1800 Series or better
    VRAM: 512MB of Graphics Memory
    Storage: 12GB
    Sound Card: DirectX 9.0c Compatible
    ODD: DVD-ROM
    OS: Microsoft Windows XP or Vista
    DirectX: DX9.0c or DX10

Blog Archive

Total Pageviews